Komunikasi Lintas Budaya Dalam Dunia Pariwisata Dan Perhotelan Studi Kasus Kepuasan Wisatawan Terhadap Pondok Wisata

Authors

  • Ni Desak Made Santi Diwyarthi Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali
  • Putu Diah Prabawati Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali

Keywords:

Kepuasan, Wisatawan, Pondok Wisata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi data yang berkaitan dengan Kepuasan Wisatawan terhadap Pondok Wisata di Kabupaten Lumajang. Metode pengumpulan sampel yang dipergunakan adalah purposive random sampling, dengan jumlah responden sebanyak 112 orang. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan berupa wawancara, observasi, dokumentasi dan angket dengan skala likert.

Terdapat enam aspek yang diukur, mencakup Bentuk Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati dan Loyalitas yang mempengaruhi kepuasan wisatawan terhadap pondok wisata di Kabupaten Lumajang. Pada aspek bentuk fisik, sub aspek yang paling tinggi adalah suasana yang tenang, sebesar 3,63 (Sangat baik), sub aspek daerah yang tertata rapi, sebesar 3,60 (Sangat baik), sub aspek kebersihan dan kerapihan kamar, sebesar 3,35 (Sangat baik). Pada aspek kehandalan, sub aspek paling tinggi adalah kecepatan dalam pelayanan, sebesar 3,51 (Sangat baik). Sub aspek ketepatan dalam melayani wisatawan, sebesar 3,33 (Sangat Baik). Sub aspek karyawan yang simpatik dalam menawarkan bantuan, sebesar 2,91 (Baik).

Pada aspek Daya Tanggap, sub aspek kesigapan pemilik atau pengelola pondok wisata dalam membantu wisatawan, sebesar 3,16 (Sangat baik). sub aspek kejelasan dalam menyampaikan informasi, sebesar 3,07 (Baik), dan sub aspek kemauan karyawan dalam membantu wisatawan yang menginap dengan poin sebesar 3,06 (Baik). Pada aspek jaminan, sub aspek keamanan yang diperoleh di saat menginap di pondok wisata dengan perolehan poin paling tinggi, yakni sebesar 2,99 (Baik). sub aspek ketrampilan dalam memberikan pelayanan dengan poin sebesar 2,67 (Baik). Dan aspek kesopanan dan keramahan dalam pelayanan dengan poin sebesar 2,52 (Baik). Pada aspek empati, sub aspek perhatian pihak pengelola dan pemilik pondok wisata terhadap individu dengan poin sebesar 3,33 (Baik). sub aspek menjaga hubungan baik dengan tamu dengan poin sebesar 3,23 (Baik). Kemudian sub aspek tanggungjawab terhadap kenyamanan dengan poin sebesar2,94 (Baik). Pada aspek Loyalitas, wisatawan memiliki tingkat loyalitas yang baik dengan poin sebesar 3,09. Wisatawan ingin kembali datang, berkunjung dan menginap di pondok wisata yang bersangkutan. Pada sub aspek ikut membantu mempromosikan pondok wisata, wisatawan juga memperlihatkan respon yang baik, yakni dengan poin sebesar 2,90. Wisatawan akan menyampaikan rekomendasi bagi orang lain untuk menginap di pondok wisata yang pernah dikunjungi di kabupaten Lumajang

References

Anonim, Undang – Undang Republik Indonesia No.9 Tahun 1990 Tentang Kepariwisataan
Brannen, Yulia. 1997. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Bukart and Medlik. 1981, Tourism: Past, Present and Future. London: Ohio. Grid Inc.Heinemann.
Chen, Cheng Nan. 2007. The Relation Among Social Capital, Enterpreneurial Orientation, Organizational Resources and Enterpreneurial Performance for New Ventures, Contemporary Management Research, National Cheng Kung University.
Dajan, Anto. 1996. Pengantar Metode Statistik. Jakarta:LP3ES
Damardjati, R.S. 2003. Istilah – istilah Dunia Pariwisata, Jakarta:Pradnya Paramitha
Dinas Pariwisata Propinsi Bali, 2004. Data Obyek dan Daya Tarik Wisata 2004. Tidak Dipublikasikan
Friedman, J. 1993. Anthropology and Native in Global sruggle for Identity. Will the real Hawaian Please Stand.
Jennings, Gayle. 2007. Water – Based Tourism, Sport, Leisure, and Recreation Experiences, UK: Burlington. Elseiver Inc.
Karyono, Hari.1997. Kepariwisataan. PT Grasindo. Jakarta
Karang, I.B. 2008. “Penilaian Wisatawan Mancanegara terhadap Produk Water di Tanjung Benoa – Bali” (tugas akhir). Nusa Dua : Sekolah Tinggi Pariwisata
Kodhyat, H. 1996. Sejarah Pariwisata dan Perkembangannya di Indonesia. Jakarta: PT.Gramedia Widisarana Indonesia.
Kotler, Philip, et al. 2002. Pemasaran Perhotelan dan Kepariwisataan . Edisi Kedua. Versi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Prenhallindo.
Kusmayadi dan Sugiarto, Endar. 2000. Metodologi Penelitian dalam Bidang
Kepariwisataan. Jakarta: P. Gramedia Pustaka Utama.
Lastara, I M. 1997. Peraturan Kepariwisataan, Bali : PT. Mabhakti Offset
Paturusi, Syamsul Alam. 2005. Materi perkuliahan Perencanaan dan Pengembangan Kawasan Pariwisata Program Pasca sarjana, Program Studi Kajian Pariwisata. Denpasar : Universitas Udayana.
Pendit, S. Nyoman. 2002. Ilmu Pariwisata : Sebuah Pengatar Perdana. Jakarta: Pradnya Paramita.
Pitana, Gd & Gayatri G. 2005. Sosiologi Pariwista. Kajian sosiologis terhadap struktur, system dan dampak – dampak pariwisata. Yogyakarta:Andi
Ramalatu, Gilbert A. 2006. “Analisis Tingkat Kepuasan wisatawan Domestik Terhadap Produk Wisata Water Sport di Obyek Wisata Bedugul Kabupaten Tabanan“ (tugas akhir). Nusa Dua : Sekolah Tinggi Pariwisata
Rangkuti, Freddy. 1996. Riset Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Rangkuti, Freddy. 2003. Measuring Customer Satisfaction. Jakarta:PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sihite, Richard. 2000. Tourism Industry. Surabaya : SIC
Sirait, M.T dan Budhi D.K. 2000. Tata Niaga Usaha Perjalanan dan Wisata. Jakarta : PT. Pradnya Paramitha.
Soekadijo, RG. 1996. Anatomi Pariwisata, Memahami Pariwisata Sebagai “Systemic Linkage”. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama
Stewart, Ian Charles; Shaw, Judith (1983). Indonesians, portraits from an archipelago (book). Singapore: Paramount Cipta. Bibcode:533135. ISBN 9971-83-772-2.
Sugiarto, Endar. 2000. Metodologi Penelitian dalam Bidang Kepariwisataan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Sukarno, Teguh H. 2007. “Strategi Pengembangan Rekreasi Air di Objek Wisata Tanjung Benoa” (tesis). Denpasar : Universitas Udayana.
Supranto, J. 1997. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Spillane, James. 1997. Ekonomi Pariwisata : Sejarah dan Prospeknya. Yogyakarta : Kanisius.
Sutomo, Maskuri. 2012. Kepuasan Pelanggan Menginap di Hotel Berbintang di Daerah Istimewa Yogyakarta.Jurnal Bisnis dan Manajemen, 6(1): hal: 79-93.
Suwantoro, Gamal. 1997. Peningkatan Tingkat kepuasan Pelanggan : Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. PT. Rineka Cipta Karya.
Thio, Shienny. 2001. Membangun Service Quality untuk Mencapai Kepuasan Konsumen di Industry Hospitality. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, 3 (1): Hal: 61-71.
Tjiptono, Fandy. 2004. Manajemen Jasa. Yogyakarta : ANDI

Downloads

Published

16-01-2020

How to Cite

Santi Diwyarthi, N. D. M., & Diah Prabawati , P. (2020). Komunikasi Lintas Budaya Dalam Dunia Pariwisata Dan Perhotelan Studi Kasus Kepuasan Wisatawan Terhadap Pondok Wisata . Ganaya : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(2-3), 139–143. Retrieved from https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya/article/view/396

Issue

Section

Articles