Implementasi Model Pembelajaran Langsung (The Direct Instruction Model) Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap The Simple Past Tense Pada Siswa Kelas Xi IPS 2 Di SMA Jagadhita Amlapura Tahun Pelajaran 2016/2017

Authors

  • I Ketut Wiriawan STKIP Agama Hindu Amlapura

Keywords:

Simple Past Tense

Abstract

Dalam Penelitian yang dilakukan berawal atas dasar banyak siswa yang bermasalah terhadap penguasaan bahasa inggris baik secara individual maupun secara klasikal. Hal ini dibuktikan dengan masih banyak siswa yang belum terkategori menguasai bahasa inggris baik dari segi penguasaan terhadap materi pembelajaran kususnya dalam penguasaan adjective phrases. Terkait dengan penelitian yang dilakukan oleh penulis mengenai pemahaman siswa terhadap The Simple Past tense, dalam pengmpulan data penulis menggunakan rancangan Class room Action Research design, data yang diperoleh kemudian di analisis dengan analisis diskriftif sehinggga lebih mudah dalam menentukan predikat kategori penilaian kepada siswa apakah siswa mendapatkan predikat penilaian cukup, rendah, kurang ataupun mendapat nilai dalam kategori tinggi atau sangat tinggi. Terkait dengan predikat nilai yang diberikan kepada siswa, penulis selaku peneliti dapat menentukan strategi pembelajaran terkait proses pembelajaran untuk mencapai indikator peningkatan terhadap materi yang dijadikan sebagai pokok permasalahan dalam proses belajar mengajar. Dalam penelitian yang dilakukan penulis menggunakan Clssroom Actions Research Design ( penelitian Tindakan Kelas) untuk memperoleh data dalam penelitian yang di rangkum ke dalam 3 (tiga) siklus penelitian dimana pada inisial refleksi diperoleh skor rata rata pencapaian oleh siswa sebesar 53,82. Ini berarti pencapaian siswa masih rendah dan dalam penelitian yang dilakukan pada siklus1 (satu), dengan rata rata perolehan skor oleh seluruh siswa sebesar 66,18 pada siklus ini dapat disimpulkan bahwa dalam penelitia sudah mengalami peningkatan,yaitu perolehan skor semula adalah 53,82 dan menjadi 66,18. pada siklus ini dapatlah diketahui dan dapat diberikan atribut pada perolehanskor siswa sesuai dengan kategori penilaian yang telah ditetapkan yaitu dengan predikat pencapaian nilai tinggi. Dilanjutkan dengan kegiatan penelitian pada siklus berikutnya yaitu pada siklus 2 (dua) rata rata skor pencapaian siswa mengalami peningkatan dimana dalam siklus ini rata rata skor perolehan oleh siswa sebesar 72,35. dengan predikat rata rata perolehan skor tinggi, dan perolehan skor rata rata siswa pada siklus 3 sebesar 79,118 dengan kategori sangat tinggi. Jadi secara jelas dapat disimpulkan bahwa hasil pencapaian siswa terhadap the simple past tense memgalami peningkatan signifikan dan dapat diperjelas bahwa implementasi model pembelajaran langsung sangat efektif meningkatkan pemahaman siswa terhadap The Simple Past Tense.

References

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni, 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran : Ar- Ruzz Media
Bryson John M, 1995. Strategic Planning For Public and Non Profit Organizations : HB Printing.
Crain William, 2007. Teori Perkembangan Konsep Dasar Dan Aplikasi: Pustaka Pelajar.
Depdiknas, 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.22Tahun 2006 tentang standar isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta: Depdiknas
Danim Sudarwan, 2003. Menjadi Komunitas Pebelajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Dantes Nyoman, 2008. Metodologi Penelitian : Universitas pendidikan Ganesha Singaraja.
Dantes Nyoman, 2008. Tinjauan Tentang Profesionalisme Guru: Undiksha Singaraja (Makalah disampaikan dalam seminar tentang Profesi guru Kabupaten Gianyar tanggal 21 Desember 2008).
Dantes Nyoman, 2010. Kerangka Dasar Penelitian kuantitatif : Undiksha Singaraja (Makalah disampaikan pada seminar Metode Penelitian di Universitas Penidikan Ganesha Singaraja tanggal 28 Juni 2010)
Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jendral manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah , direktorat pembinaan Sekolah Menengah Atas, 2009 : Materi Diklat /Bimtek KTSP SMA: Depdiknas.
Dimyati dan Mudjiono, 1999. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik Oemar, 2003. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakrta : Bumi Aksra.
Koyan I Wayan & Dantes Nyoman, 2009. Pengembangan Profesionalisme guru : Universitas pendidikan ganesha Singaraja. (makalah disampaikan dalam PLPG Tidak dipulikasikan)
Kunandar, 2007. Guru profesional. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Marhaeni A.A.I.N, 2007. Metodologi Pembelajaran Bahasa Inggris Di Tingkat Dasar Undiksa Singaraja.
Mulyasa E, 2002.Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung: Remaja Rosda Karya
Muslimin Ibrahim, 2000 Pembelajaran Kooperatif. Jakarta:University Press
Ratna Wilis Dahar, 1996. Teori Teori Belajar, Jakarta: Erlangga Slameto, 2003. Belajar Dan Faktor Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana Nana dan Ibrahim, 2001 Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung:sinar Baru Algensindo.
Sugiyono, 2010. Statistika Untuk Penelitian.Alfabeta Bandung.
Suharsimi Arikunto, Cepi Abdul Jabar, 2004. Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara
Suharsimi Arikunto, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta
Surya Muhhamad, 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Trianto, 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Jakarta:Prestasi Pustaka
Wina Sanjaya, 2010, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Prenada Media Group
Zainun B, 1981. Manajemen dan Organisasi. Jakarta: Balai Pustaka

Downloads

Published

01-12-2019

How to Cite

Wiriawan, I. K. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Langsung (The Direct Instruction Model) Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap The Simple Past Tense Pada Siswa Kelas Xi IPS 2 Di SMA Jagadhita Amlapura Tahun Pelajaran 2016/2017. Ganaya : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(2-1), 154–174. Retrieved from https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya/article/view/359

Issue

Section

Articles