Komodifikasi Kerajinan Cenderamata Dalam Pariwisata Budaya Di Desa Sebatu, Kecamatan Tegalalang, Kabupaten Gianyar Bali: Sebuah Kajian Budaya

Authors

  • Luh Putu Citrawati Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali

Keywords:

Pariwisata budaya, Wisatawan, Cenderamata, Komodifikasi.

Abstract

Kerajinan Cenderamata adalah salah satu industri Pariwisata, yang dalam konteks Bali adalah Pariwisata Budaya. Cenderamata sebagai produk budaya sangat mendukung industrialisasi pariwisata budaya tersebut. Penelitian ini dilakukan terhadap fenomena tersebut dari sebuah kajian budaya (culture studies). Adapun teori yang dipergunakan adalah teori budaya pop, teori komodifikasi dan teori postmodern, dan dengan menggunakan metode analisis diskriptif kualitatif, dan permasalahan dalam penelitian ini mencakup pertanyaan-pertanyaan seperti,(1) bagaimanakah bentuk kerajinan cenderamata di desa Sebatu, (2) bagaimanakah proses produksi, pemasaran dan konsumsi kerajinan cenderamata di Desa Sebatu? dan (3) bagaimanakah makna kerajinan cenderamata terhadap masyarakat di desa Sebatu?

Penelitian ini menggunakan metode pangamatan (observasi), kemudian informasi diperoleh melalui teknik snowball dengan wawancara mendalam yang tidak terstruktur.Selanjutnya teori yang digunakan untuk membahas masalah adalah; (1) teori budaya pop, dikemukakan oleh Storey, salah satunya adalah budaya pop budaya yang disukai secara luas atau sangat disukai oleh orang banyak. (2) teori Komodifikasi, sebagai suatu konsep yang luas yaitu masalah produksi komoditas, perindustrian, dan proses dari barang-barang konsumsi dalam kerajinan cenderamata (3) teori postmodern, dikemukakan oleh Dominic Strinati untuk menguraikan bahwa lahirnya suatu tatanan social dimana arti penting maupun kekuatan media massa dan budaya popular yang berarti kesemuanya itu mengatur dan membentuk segala macam hubungan social.

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses komodifikasi kerajinan cinderamata dalam konteks pariwisata budaya, khususnya di Desa Sebatu Kecamatan Tegalalang. Dalam penelitian ini selain menggunakan teori-teori diatas, ditinjau pula dari bentuk,fungsi dan makna dari perubahan hasil komodifikasi tersebut.

References

Ardika, I Wayan. 2002. “Komponen Budaya Bali sebagai Daya Tarik Wisata” makalah Seminar Regional Pariwisata Budaya Berkelanjutan Suatu Refleksi dan Harapan pada Lustrum VIII Universitas Udayana Sabtu 14 September 2002.

Bagus, I Gusti Ngurah. 1992. “Pembanguan Bali Berwawasan Budaya” dalam Majalah Ilmiah Universitas Udayana ( Pembangunan Bali Berwawasan Budaya) terbitan khusus Tahun I No 1 September 1992 Denpasar; Pusat Penelitian Universitas Udayana
_______ 1997 Masalah Budaya dan Pariwisata Dalam Pembangunan. Denpasar; Kajian Budaya Universitas Udayana.
_______ 1998. “Merumuskan Strategi Nilai Budaya Pariwisata Bagi Pembangunan Pariwisata Budaya Bali Dalam Memasuki Milenial Ketiga” Makalah dalam Seminar Nasional Kajian Budaya Universitas Udayana di Denpasar.
Barker, Chris.2004. Cultural Studies, Yogyakarta: Kreasi Wacana
Kusmayadi, dan Sugiarta, Endar. 2000. Metodelogi Ppenelitian dalam Bidang Kepariwisataan. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Mudana, I Gede. 1999. “Antara Pariwisata Budaya, Pariwisata Seni-Budaya dan Pariwisata Buaya” dalam Majalah Dinamika Kebudayaan (Volune 01,No. 2 Januari 1999) Lembaga Penelitian Universitas Udayana.
Pendit S, Nyoman. 2003. Ilmu Pariwisata. Jakarta: PT. Pradnya Paramitha
Piliang, Yasaf Amir,1999. Sebuah Dunia yang Dilipat. Realisasi Kebudayaan Menjelang Milenium Ketiga dan Matinya Postmodernisasi, Bandung, Mizan.
Pitana, I Gde. 2002. “Kebijakan dan Strategi Pemerintah Daerah Bali dalam Pembangunan Pariwisata” Makalah Seminar Regional Pariwisata Budaya Berkelanjutan Suatu Refleksi dan Harapan pada Lustrum VIII Universitas Udayana, Sabtu 14 September 2002
________ 1999. Pelangi Ppariwisata Bali : Kajian Aspek Sosial Budaya Kepariwisataan Bali di Penghujung Abad. Denpasar : Bali Post
________2000. Dalam Makalah “ Pariwisata Kerakyatan dan Pariwisata Pedesaan dalam Pariwisata Bali” pada Seminar Nasional Menyongsong Otonomi Daerah Bali 6 September 2000 di Denpasar.
Soedarsono, R.M. 1999. Seni Pertunjukan dan Pariwisata: Rangkuman Esai tentang Seni Pertunjukan Indonesia dan Pariwisata. Yogyakarta: Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.

Downloads

Published

16-01-2020

How to Cite

Citrawati, L. P. . (2020). Komodifikasi Kerajinan Cenderamata Dalam Pariwisata Budaya Di Desa Sebatu, Kecamatan Tegalalang, Kabupaten Gianyar Bali: Sebuah Kajian Budaya. Ganaya : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(2-3), 153–163. Retrieved from https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya/article/view/398

Issue

Section

Articles