Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make A Match Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar IPS

Authors

  • Wayan Yanik Yasmini STKIP Agama Hindu Amlapura

Keywords:

pembelajaran kooperatif, teknik make a match, motivasi belajar, hasil belajar IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik make a match terhadap motivasi belajar dan hasil belajar IPS pada Siswa Kelas V SD Gugus II Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem. Rancangan penelitian ini menggunakan pola dasar The Posttest Only Control Group dengan jenis eksperimen semu. Sampel penelitian berjumlah 56 siswa. Data yang dikumpulkan adalah motivasi belajar dan hasil belajar IPS. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, motivasi belajar siswa yang belajar dengan pembelajaran kooperatif teknik make a match secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional (F= 48,923; p<0,05). Kedua, hasil belajar IPS siswa yang belajar dengan pembelajaran kooperatif teknik make a match secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional (F= 47,046; p<0,05). Ketiga, secara simultan motivasi belajar dan hasil belajar IPS antara siswa yang belajar dengan pembelajaran kooperatif teknik make a match secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional.

References

Al Muchtar, Suwarman. 2008. Strategi Pembelajaran Pendidikan IPS, Bandung: Sekolah Pascasarjana UPI.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi VI). Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian, Yogyakarta: Andi.
Departemen Pendidikan Nasional, 2008. Penerapan Standar Nasional Pendidikan, Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.
Dimyati & Mudjiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Djamarah, Syaiful Bahri. 1994. Prestasi Belajar dan kompetensi Guru.
Surabaya: Usaha Nasional.
Gregory, Robert J. 2000. Psychological Testing History, Principles, and Application. Singapore: Allyn & Bacon Inc.
Koyan, I Wayan. 2011. Asesmen dalam Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Lasmawan, Wayan. 2010. Menelisik Pendidikan IPS Dalam Persepektif Kontekstual-Empirik, Singaraja: Mediakom Indonesia Press Bali.
Marhaeni, AAIN. 2012. Landasan dan Inovasi Pembelajaran, Singaraja: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Negeri Singaraja.
Rapini, Ni Made. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi Berpretasi dan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Nomor 3 Mambal. e Jurnal Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Tahun 2011.
Sumarni, Ni Ketut. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Minat Terhadap Lingkungan Pada Siswa Kelas V SD Se-Desa Sibangkaja. e Jurnal Pendidikan Dasar Program Pascasarjana. Universitas Pendidikan Ganesha. Tahun 2011.

Downloads

Published

01-12-2019

How to Cite

Yanik Yasmini , W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make A Match Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar IPS. Ganaya : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(2-1), 68–87. Retrieved from https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya/article/view/353

Issue

Section

Articles