Gagap Komunikasi Menghadapi Kemajuan Pariwisata Pulau Nusa Penida (Studi Kasus Pada Pemerintah Kabupaten Klungkung)

Authors

  • I Ketut Sudiarta Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya

Keywords:

Gagap komunikasi, ekspektasi tinggi, kemajuan pariwisata

Abstract

Penelitian ini adalah sebuah studi kasus dengan mengambil kasus komunikasi Pemerintah Kabupaten Klungkung terhadap masyarakat Nusa Penida dalam menghadapi kemajuan pariwisata Nusa Penida. Ekspektasi masyarakat terhadap pemerintah yang terlanjur sudah membumbung tinggi akan perubahan infrastruktur yang berbanding terbalik dengan realita yang dihadapi membuat keluhan-keluhan masyarakat susah untuk dijawab sempurna oleh pemerintah. Kegagalan menangani keluhan masyarakat ini menghambat komunikasi pemerintah. Mitigasi risiko yang lemah dalam menghadapi kemajuan pariwisata menimbulkan culture shock yang besar dan mengurangi public trust kepada pemerintah.

Pemahaman tentang kendala dan tantangan-tantangan dalam mewujudkan cita-cita masyarakat yang dihadapi pemerintah belum dapat disampaikan ke masyarakat secara luas dan masif dengan bahasa yang sederhana dan membumi yang menyentuh emosi masyarakat. Ketidakmaksimalan pegawai pemerintah sebagai humas di era digital ini bukan lagi persoalan sumber daya manusianya, tapi lebih karena sikap ewuh pakewuh pada atasan yang menyebabkan pegawai pemerintah menjadi gagap dalam berkomunikasi. Bagi pegawai pemerintah merubah mindset dan bekerja inovatif dan kreatif, berpikir holistik dan lintas sektoral akan menyebabkan terjadinya transformasi menuju kinerja pemerintahan yang mampu beradaptasi dengan perubahan sosial yang begitu pesat.

References

Bogdan, Robert C. dan Biklen Kopp Sari, 1982, Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Allyn and Bacon, Inc.: Boston London.
Bukhari, M. (1983). Teknik-Teknik Evaluasi dalam Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosadakarya.
Bungin, Burhan. (2015), Metodologi Penelitian Kualitati. Depok, Rajagrafindo Pustaka;
Chaudhuri, A. and Holbrook, M.B. (2001), The Chain of effects from Brand Trust and Brand Effect to Brand Performance: The Role of Brand Loyalty, Journal of Marketing, Vol. 65, April, pp. 81-93
Cutlip, Scott M. et. al. (2007). Effective Public Realtions, Edisi IX, cetakan ke-2. Jakarta : Kencana.
Fleming, M., dan Levie. W.H., (1981 ), Instrutional message design: Principles from the behavioral and cognitive science. New Jersey: Educational 1 Technology Publications, Inc .. Englewood Cliffs.
Hidayat. 1986. Teori Efektifitas Dalam Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press
Lau, Geok Then and Lee, Sook Han. 1999. Consumers Trust in a Brand and the Link to Brand Loyalty. Journal of Market Focused Management
Luthans, Fred. 2014. Perilaku Organisasi, (Alih Bahasa V.A Yuwono, dkk), Edisi Bahasa Indonesia, Yogyakarta
Moleong, L.J. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyana Deddy. 2005. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja. Rosdakarya.
Rusady, Ruslan, 2004, Public Relation, Edisi Revisi ke-2, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta
Soegiharto, Rahmat (2013). Apa Sih Pola Pikir Itu?. online
Yin, R.K. (1994). Case Study Research, Design and Methods. Second Edition. Thousand Oaks, California: Sage Publications.

Downloads

Published

16-01-2020

How to Cite

Sudiarta, I. K. (2020). Gagap Komunikasi Menghadapi Kemajuan Pariwisata Pulau Nusa Penida (Studi Kasus Pada Pemerintah Kabupaten Klungkung). Ganaya : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(2-3), 60–68. Retrieved from https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya/article/view/387

Issue

Section

Articles